Sepak Bola

Ia bisa membantu anda memberikan kritik konstruktif yang bersifat teknis terhadap sebuah tim. Sebuah usaha untuk berdiri di sisi objektif yang pada akhirnya bermuara pada harapan yang sama. Sebuah harapan tentang membaiknya kualitas sepak bola yang anda, saya, dan kita semua nikmati.

Analisis dalam sepak bola merupakan sebuah aktivitas yang kompleks. Sesuatu yang sangat menarik yang selalu berkembang seiring evolusi taktik yang makin cepat berakselerasi. Menjadi penonton yang memberikan dukungan tak bersyarat yang selalu mampu menjaga api semangat bagi sebuah tim untuk selalu berjuang, merupakan nikmat yang didapatkan dengan menjadi pendukung fanatik.

Para pemain harus bergerak secara dinamis untuk mencari ruang dan melepaskan diri dari bayangan lawan, agar bisa terus melakukan umpan dari satu pemain ke pemain yang lainnya. Waktu yang digunakan untuk bermain sepak bola terbagi atas dua babak, masing-masing babak 45 menit. Istirahat antara kedua babak adalah 15 menit (2 x 45 menit, istirahat 15 menit). Jika dalam pertandingan terjadi gangguan maka ditambah waktu perpanjangan tiap babak antara 1-5 menit. Pola penyerangan ini terdiri dari empat pemain belakang, tiga pemain tengah dan tiga pemain depan.

Bertahan 1 vs 2 artinya bertahan yang dilakukan oleh 1 orang defender menghadapi 2 orang penyerang. Kondisi 1 vs 2 memang tidak pernah diinginkan, karena dalam kondisi tersebut jumlah penyerang lawan lebih banyak daripada jumlah defender kita. Namun pada saat-saat tertentu, misalnya ketika para pemain terlambat turun, kondisi 1 vs 2 bisa terjadi. Maksudnya adalah umpan bola bawah, yang merupakan elemen yang paling dominan dipakai dalam membangun serangan. Untuk menjamin sebuah serangan yang kuat dan tak terpatahkan, umpan-umpan harus dilakukan dengan lugas, tegas, dan akurat.

Pola pertahanan yang terdiri dari empat pemain belakang, tiga pemain tengah dan tiga pemain depan. Tiga pemain tengah terdiri atas gelandang kiri, gelandang tengah dan gelandang kanan. Sedang tiga pemain depan terdiri atas penyerang kiri, penyerang tengah dan penyerang kanan.

Tiga pemain tengah penghubung terdiri atas gelandang kanan, gelandang tengah dan gelandang kiri. Lima pemain belakang terdiri atas stopper, bek kanan luar, bek kanan dalam, bek kiri luar dan bek kiri dalam.

2) Setiap kali berhasil merebut bola, fokus serangan berfokus ke poros tengah dengan cara 4 pemain menciptakan formasi berlian untuk mendukung progresi bola yang “bersih”. Didukung oleh masing-masing 1 pemain di sisi sayap (di luar formasi berlian) yang bergerak maju secepatnya untuk memecah kompaksi horisontal lawan sehingga diharapkan “menciptakan” ruang yang lebih besar di area tengah lawan. Saat menangani Internazionale Milan, Mourinho pernah mengganti taktik di dalam laga. Tiba-tiba, tim lawan meresponsnya dengan ikut berganti strategi. Hal seperti itu menurut Mourinho terjadi dalam setiap pertandingan.

Perhitungan gol dilakukan ketika bola masuk ke dalam jaring dan melewati gawang serta tidak ada pemain dalam posisi offside, pelanggaran, maupun hands ball. Semua keputusan ada ditangan wasit yang menentukan gol tersebut sah atau tidak.

Pemain belakang terdiri atas bek kanan, dua poros halang dan bek kiri. Tiga pemain tengah terdiri dari gelandang kiri, gelandang tengah dan gelandang kanan. Sedangkan tiga pemain depan terdiri dari penyerang kiri, penyerang tengah dan penyerang kanan. Pola permainan ini terdiri atas dua pemain depan, tiga pemain tengah dan lima pemain belakang. Dua pemain depan terdiri atas penyerang kanan dan penyerang kiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *