5 Tugas Pemain Mini Soccer Yang Harus Kamu Ketahui

Oleh sebab itu seorang penjaga gawang diharuskan tetap fokus dalam keadaan apa pun. Seperti namanya, sweeper bertugas untuk ‘menyapu’ bola jauh-jauh dari pertahanan mereka. Seorang sweeper biasanya berposisi di belakang bek tengah, menjadi palang pintu pertahanan terakhir sebelum penjaga gawang.

Pemain sayap haruslah selalu dalam posisi siap dan mengatur umpan yang dapat mengacaukan pertahanan tim lawan, sehingga kesempatan pemain penyerang untuk menerobos masuk pertahanan lawan dapat terbuka lebar. Dari awal pola gerakan tendangan pertama, tendangan penjuru, tendangan bebas, hingga lemparan ke dalam harus benar-benar dilakukan dengan baik. Ini akan lebih maksimal hasilnya ketika pemain terus berlatih sesuai perannya masing-masing juga. dalam permainan, tim kita harus menentukan formasi lakukan.

Kita menentukan formasi tertentu untuk memastikan adanya dukungan, kedalaman, lebar, dan cakupan bidang baik dalam serangan atau pertahanan. Setiap pemain harus bertanggung jawab atas posisi atau areanya. Setiap pemain harus memainkan posisinya dengan baik dan kepercayaan teman-temannya untuk bermain positions. ketika tim kita kehilangan bola, maka tim kita harus beralih dari ‘serangan’ untuk ‘bertahan hidup’. Secara umum, jika tim kita bertahan maka harus posisi para pemain saling berdekatan satu sama lain untuk membentuk pertahanan yang masif.

Adapun jika kita menyerang maka tim harus posisi pemain berjauhan untuk menciptakan ruang-ruang lebar dan untuk menceraiberaikan pertahanan lawan. Penjaga gawang yaitu orang terakhir yang ada digaris pertahanan sebuah tim.

Hal ini sengaja dilakukan tim penyerang untuk membuat barisan pertahanan lawan terpecah dengan mencoba bergerak maju ke depan. Dalam strategi demikian peran pemain sayap sangat dibutuhkan.

Tak hanya itu, seorang sweeper juga terkadang dituntut untuk mampu membangun serangan dari lini belakang, bahkan maju ke depan untuk mencetak gol. Nah, dalam artikel kali ini, IlmuBola akan menyajikan daftar 15 sweeper terbaik dalam sejarah sepakbola. Tujuannya Dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (“mencetak gol”). Tim yang mencetak lebih banyak gol adalah sang pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit, tetapi ada cara lainnya untuk menentukan pemenang jika hasilnya seri). Peraturan terpenting dalam mencapai tujuan ini adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan.

Ada pula pola serangaan yang berusaha untuk mencari daerah kosong pihak lawan. Setiap pemain penyerang dalam tim harus terus berupaya untuk membangun serangan dan mencari celah kosong yang saat itu dimiliki oleh pihak lawan. Maka pihak penyerang dapat terus terusan memborbardir derah pertahanan lawan dan akhirnya menorehkan gol ke gawang lawannya. Dalam menghadapi pertahanan lawan yang rapat, sebuah tim yang menyerang biasanya akan mengandalkan bola panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *